tips mengatur uang

tips belanja

Cara Menghemat Uang Belanja Bulanan untuk Ibu Rumah Tangga #CintaRupiah

Cinta rupiah –  Perencanaan keuangan keluarga sangat dipengaruhi 2 hal utama yaitu berapa penghasilan Anda, sumbernya dari mana saja dan berapa pengeluaran bulanan Anda sekeluarga. Anggap saja penghasilan Anda adalah tetap dan belum menemukan sumber penghasilan tambahan sehingga untuk menyeimbangkan pendapatan dan pengeluaran satu hal penting yang harus Anda lakukan adalah menghemat uang belanja bulanan Anda.

Apakah Anda masih bingung cara melakukannya? Atau sudah melakukan namun tetap kurang efektif? Simak tips berikut ini:

1. Pakai sistem 31 amplop untuk berhemat
Cara Syukri Muhammad Syukri ini walau terlihat klasik namun cukup efektif dicoba. Sebagai Ibu rumah tangga yang bertanggung jawab terhadap uang belanja, Anda hanya butuh menyiapkan 31 lembar amplop kosong untuk memulai sistem 31 amplop ini.

Langkah selanjutnya ambil semua uang Anda dan masukkan ke amplop sesuai kebutuhan seperti bayar cicilan rumah atau uang kontrakan, beli beras sebulan, bayar tagihan listrik, air, telepon, uang bensin, gas, uang saku anak-anak, dan tabungan untuk dana darurat. Tulis tanggal belanja mulai dari 1 sampai dengan 31. Setelah semua terisi, sisanya adalah uang untuk investasi. Jika dilakukan secara tertib, ibu rumah tangga akan tertantang untuk lebih kreatif dalam mengelola uang belanja bulanan.

2. Supaya tahan lama simpanlah bahan makanan dengan baik
Beberapa tempat menyimpan makanan seperti lemari beras, lemari es atau wadah kedap udara dapat membuat makanan lebih awet. Jika ini berlangsung secara terus menerus dan menjadi budaya dalam keluarga maka akan menghemat uang belanja bulanan.

3. Catat rencana belanja dan simpan nota pembelian
Cara paling gampang mencatat belanja adalah dengan menempel catatan di kulkas, barang apa yang sudah habis, supaya saat berbelanja kita tidak melihat-lihat barang lain, atau bisa juga dengan mencoba membeli produk promosi (turun harga atau buy 1 get 2). Dengan cara seperti ini Anda bisa berhemat supaya bulan depan tidak perlu membeli produk itu lagi. Supaya pengeluaran terkontrol simpan bon belanja. Tujuan menyimpan bon ini adalah agar kita bisa membandingkan harga bulan ini dan bulan lalu. Dengan cara seperti itu Anda akan tahu saat harga sedang murah dan tempat beli produk murah tersebut.

Semoga tips ini bisa membantu ibu untuk menghemat uang belanja bulanan, selamat mencoba

foto istock

(Visited 39 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *