Mengenal dan Berwisata ke Kota Pahlawan Surabaya

Wisata Surabaya – Kota ini dulunya merupakan pusat perdagangan bagi kerajaan pedalaman Jawa yang termasyhur. Terletak di mulut Sungai Brantas, hari ini Surabaya adalah kota industri modern, yang dianggap sebagai pusat ekonomi dan perdagangan Jawa Timur serta rumah bagi angkatan laut bangsa. Ada banyak versi mengenai sejarah nama Surabaya, tetapi pemerintah daerah dan sejarawan sepakat untuk menyimpulkan bahwa itu berasal dari frasa “sura ing bhaya”, yang berarti “keberanian untuk menghadapi bahaya”. Ya, kiata akan membahas Surabaya di artikel wisata kali ini.

Sebuah kebiasaan baru adalah sebelum berkunjung kesuatu tempat pasti kita googling dulu membaca artikel wisata atau blog wisata, dan kali ini Lespereira akan membagikan info dan tips tentang wisata kota pahlawan Surabaya. Saat berjalan-jalan di sekitar kota, Anda juga dapat menemukan monumen Sura dan Baya, yang digambarkan dari versi cerita rakyat tentang pertarungan antara hiu dan buaya. Kisah ini diabadikan sebagai monumen ikonik Surabaya.

Surabaya juga dikenal sebagai Kota Pahlawan karena pertempuran epik yang terjadi di kota selama revolusi kemerdekaan Indonesia. Bagi pengunjung, sorotan utama kota ini termasuk museum kapal selamnya yang secara lokal dikenal sebagai Monkasel, museum Sampoerna yang disajikan dengan apik, Mesjid Cheng Hoo yang unik, kuil Sanggar Agung yang megah atau kunjungan ke pulau Madura melalui Jembatan Suramadu.

 

Monkasel adalah sebuah museum yang secara harfiah didirikan di dalam sebuah kapal selam Rusia yang dinonaktifkan. Ini melayani angkatan laut Indonesia dari tahun 1962-1990. Anda dapat melakukan tur di dalam dan mengalami sepotong sejarah. Di museum Sampoerna, pengunjung dapat belajar tentang garis panjang industri tembakau dan menikmati visual. Ada juga bus wisata kota unik yang dapat membawa Anda ke berbagai landmark kota terdekat.

 

Masjid Muhammad Cheng Hoo dibangun untuk menghormati Laksamana Tiongkok Cheng Hoo, yang menyebarkan kepercayaan Islam saat ia berdagang dan berlayar di Jawa Timur sekitar abad ke-15. Sanggar Agung, juga dikenal sebagai Hong San Tang adalah kuil yang indah yang menghadap ke pantai Kenjeran. Kuil ini menampilkan gerbang laut yang menakjubkan dengan patung Guan Yin yang mengesankan yang dijaga oleh sepasang naga surgawi, pemandangan yang harus Anda lihat sendiri!

 

Jembatan Suramadu adalah jembatan kabel terpanjang di Indonesia, membentang hingga 5,4 km melintasi Selat Madura. Jembatan akan membawa Anda ke Bangkalan, jantung Pulau Madura, di mana Anda dapat menikmati panorama alam dan masakan Madura yang lezat. Surabaya juga merupakan pangkalan yang ideal untuk menjelajahi tempat-tempat wisata lain di Jawa Timur termasuk Gunung Bromo, tempat peristirahatan gunung yang sejuk di Malang dan keindahan alam Dataran Tinggi Ijen.

 

Jelajahi petualangan kuliner pilihan santapan lezat hingga kedai malam yang hidup yang menawarkan camilan lokal yang unik. Dari salad buah segar yang dikenal sebagai Rujak, sup hitam gurih dengan daging dadu yang disebut Rawon dan hidangan tahu goreng bernama Tahu Tek. Untuk mencari tahu tentang gebrakan kota nyata dan mencari lebih banyak makanan lezat khas setempat dan berbagai barang, pergilah ke pasar! Pasar Atom atau Pasar Atum adalah pasar legendaris yang dibuka sejak tahun 1972 di Surabaya utara yang menggabungkan pasar modern dengan pusat perbelanjaan.

 

Cinderamata makanan paling terkenal dari Surabaya adalah merek kue berlapis Spikoe Resep Kuno, keripik Almond Crispy, Saus Cabai Bu Rudy, dan hits terbaru Surabaya Snowcake – campuran kue dan kue bolu. Berbicara tentang kue, Anda juga dapat berbelanja secara Royal untuk menikmati suasana acara minum teh di Hotel Majapahit. Hotel bergaya kolonial yang indah, sebelumnya dikenal sebagai Oranje Hotel yang dibangun pada tahun 1910. Hotel ini memiliki taman yang rimbun, suite presiden seluas 806 meter persegi, beberapa kafe dan restoran, semua dihiasi dengan detail klasik.

 

Untuk menenangkan diri dari panasnya kota, datanglah ke Zangrandi. Ikon legendaris lain dari Surabaya, kedai es krim ini didirikan pada tahun 1930 oleh seorang Italia bernama Roberto Zangrandi. Dengan resep aslinya, menu favorit penonton adalah Tutti Fruti, Banana Split, dan es krim Soda. Semua rasa manis ini sangat cocok untuk menenangkan hari Anda dan membuat Anda bersemangat untuk menjelajahi lebih banyak dari Surabaya!

Pergi ke Surabaya

• Lewat udara
Surabaya dilayani oleh rute udara domestik dan internasional. Banyak rute domestik menggunakan bandara Surabaya sebagai titik transit.

• Melalui laut
Kapal beroperasi dari Pelabuhan Tanjung Perak. Pelni mengoperasikan koneksi ke Sulawesi dan Kalimantan. Anda dapat menikmati pemandangan indah pelabuhan dari Surabaya North Quay, objek wisata tepi laut baru bagi wisatawan yang datang atau berangkat dari kota.

• Melalui darat
Bus beroperasi antara Surabaya dan Malang, Probolinggo, Banyuwangi, Solo, dan Yogyakarta. Perjalanan kereta api cepat antara Jakarta dan Surabaya melalui Semarang dan Yogyakarta. Dari Surabaya, sebagian besar kereta pergi ke Jakarta dan berangkat dari stasiun kereta Pasar Turi beberapa kali sehari.

Berkeliling di Kota Pahlawan

Penyewaan mobil atau taksi tersedia jika Anda perlu mengelilingi kota dengan mudah. Mintalah panduan yang bagus yang mengetahui sorotan metropolitan yang semarak ini. Ada juga sepeda motor yang disebut ojek dan angkutan umum dalam bentuk minibus.

 

Coba naik Becak, sejenis becak yang mudah bermanuver di antara jalan Surabaya yang sibuk. Karena pengemudi becak biasanya kurang memiliki keterampilan bahasa Inggris, Anda mungkin memerlukan bantuan lokal untuk membantu Anda dengan harga murah dan tempat tujuan.

 

Ingin mengunjungi wisata keren lainnya di Indonesia , bisa kunjungi blog wisata http://lespereira.com . Segera siapkan koper Anda dan langsung cek tiket ke Surabaya. Selamat berlibur

 

foto marketeers

(Visited 48 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *