umroh ramadhan dan syawal alhijaz

Umroh Ramadhan adalah jenis umroh yang dilakukan pada bulan Ramadhan, yaitu bulan ke-9 dalam kalender Hijriyah. Melakukan umroh di bulan Ramadhan memiliki keistimewaan karena pada bulan ini, umat muslim diwajibkan untuk berpuasa selama sebulan penuh.

Beberapa keistimewaan umroh Ramadhan antara lain:

  1. Nilai Pahala yang Besar: Melakukan ibadah umroh pada bulan Ramadhan memiliki nilai pahala yang besar, karena selain beribadah dengan melakukan umroh, jamaah juga berpuasa selama sebulan penuh dan menjalankan ibadah-ibadah lainnya yang dianjurkan pada bulan suci ini.
  2. Meningkatkan iman karena melaksanakan umroh dibulan ramadhan dimana jamaah umroh fokus untuk beribadah dan itikaf di bulan ramadhan: Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan keberkahan, sehingga suasana spiritual saat melakukan umroh di bulan ini akan sangat kuat dan menyatu.
  3. Keistimewaan Lailatul Qadar: Lailatul Qadar, malam yang lebih baik dari seribu bulan, biasanya terjadi di 10 malam terakhir bulan Ramadhan. Oleh karena itu, jika jamaah melakukan umroh di bulan Ramadhan, maka kemungkinan besar mereka akan berada di Tanah Suci selama 10 malam terakhir Ramadhan, sehingga memiliki kesempatan untuk meraih keberkahan dari malam yang sangat istimewa ini.

Selain melaksanakan umroh ramadhan, melaksanakan umroh di bulan syawal juga menjadi favorit semua jamaah Indonesia. Umroh Syawal adalah salah satu jenis umroh yang dilakukan pada bulan Syawal, yaitu bulan ke-10 dalam kalender Hijriyah. Umroh Syawal sering kali menjadi pilihan bagi para jamaah yang ingin melakukan umroh setelah selesai berpuasa di bulan Ramadhan.

Terdapat beberapa keistimewaan umroh Syawal, di antaranya:

  1. Umroh Syawal memiliki nilai pahala yang besar karena dilakukan setelah selesai menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh di bulan Ramadhan.
  2. Bulan Syawal juga merupakan bulan yang banyak dilimpahi rahmat dan keberkahan, sehingga umroh pada bulan ini diharapkan akan memberikan banyak manfaat dan keberkahan.
  3. Banyak jamaah yang memilih untuk melakukan umroh Syawal, sehingga suasana dan semangat beribadah akan terasa lebih kuat dan menyatu.

 Nah, selanjutnya adalah bagaimana kita mempersiapkan diri untuk melakukan ibadah umroh baik saat ramadhan maupun syawal. Berikut adalah beberapa persiapan yang perlu dilakukan untuk menjalankan ibadah umroh:

  1. Persiapan Fisik: Sebelum berangkat, pastikan kesehatan Anda dalam keadaan prima. Periksa kesehatan Anda ke dokter, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu. Selain itu, perbanyak olahraga dan makan makanan yang sehat untuk mempersiapkan fisik Anda dalam menghadapi aktivitas beribadah yang padat.
  2. Persiapan Dokumen: Pastikan Anda memiliki semua dokumen yang diperlukan, seperti paspor, visa, dan tiket pesawat. Pastikan juga dokumen-dokumen tersebut masih berlaku saat Anda berangkat dan kembali dari Tanah Suci.
  3. Persiapan Baju Ihram: Baju Ihram merupakan pakaian yang harus dikenakan oleh jamaah umroh. Pastikan Anda membawa cukup baju Ihram untuk keperluan Anda selama di Tanah Suci.
  4. Persiapan Finansial: Pastikan Anda memiliki cukup dana untuk biaya perjalanan umroh, seperti biaya paket umroh, biaya makan, biaya transportasi, dan biaya-biaya lainnya.
  5. Persiapan Mental: Persiapkan mental Anda dengan membaca referensi dan buku panduan tentang umroh. Anda juga bisa mengikuti kelas atau seminar tentang umroh untuk mempersiapkan mental dan pengetahuan tentang tata cara ibadah umroh.
  6. Persiapan Spiritual: Persiapkan hati dan mental Anda dengan meningkatkan ibadah dan memperdalam pengetahuan tentang agama Islam. Anda juga bisa memperbanyak membaca Al-Qur’an dan dzikir untuk memperkuat spiritual Anda sebelum berangkat ke Tanah Suci.
  7. Persiapan Barang Bawaan: Persiapkan barang bawaan Anda dengan sesuai kebutuhan dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Tanah Suci. Jangan lupa untuk membawa obat-obatan atau perlengkapan kesehatan lainnya yang mungkin diperlukan selama perjalanan.

Selain itu, pastikan Anda menggunakan jasa travel umroh yang terpercaya dan memiliki pengalaman yang cukup dalam menyelenggarakan ibadah umroh. Pilihlah travel umroh yang memberikan pelayanan yang baik dan profesional, sehingga Anda dapat menjalankan ibadah umroh dengan nyaman dan aman.

Salah satu travel yang kami rekomendasikan adalah travel Alhijaz Indowisata yang memang sudah berpengalaman dalam menghandle jamaah umroh maupun haji. Travel Alhijaz sudah memiliki izin resmi umroh maupun haji. Selain itu, Alhijaz Indowisata juga memiliki kantor offline di Jl. Dewi Sartika No.239A Cawang Jakarta Timur (sudah gedung milik sendiri dan memiliki tempat manasik sendiri).

Untuk info lebih lanjut hubungi Umu Zalfa 0853-2249-9428.

Berikut beberapa program umroh yang tersedia:

umroh syawal

(Visited 13 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *