amalan yang harus ditinggalkan
Bismillah, Malam ini umat Islam berganti tahun, Tahun baru islam 1446 Hijriyah. Semoga kita semua selalu mendapatkan hidayah dan kelak di akhirat mendapatkan syafaatNYA untuk bisa berkumpul dalam Jannah bersama orang-orang Sholeh, amiiin.
Tinggalkan Amalan Ini
1. Membuat doa khusus di malam 1 muharram
2. Tradisi Pawai Obor di 1 malam Muharram
3. Mengucapkan selamat tahun baru
4. Merayakan tahun baru hijriyah
5. Puasa khusus tahun baru hijriyah
6. Berkumpul di sisi kuburan ( wali / sunan ) pada hari asyuro
7. Mandi khusus jelang 1 Muharram
8. Shalat dan ibadah khusus di malam pertama Muharram / sholat asyuro
9. Ritual yang sering dilakukan di Jawa, Kirab 1 Syuro
10. Keyakinan bahwa bulan Muharram bulan keramat
11. Memperingati Hari Kematian Husein
Sekarang kita telah memasuki bulan Suro. Nama ini begitu populer di kalangan orang Jawa, meskipun tak menutup kemungkinan banyak penduduk Indonesia lainnya yang mengenalnya. Bulan yang dinamakan Suro ini, tak lain adalah bulan Muharram menurut kalender Islam. Terlebih dahulu marilah kita melihat, bagaimanakah penilaian Islam mengenai bulan Suro (bulan Muharram).
Islam Menilai Bulan Suro Termasuk Bulan Haram
Dalam agama ini, bulan Muharram atau bulan Suro, merupakan salah satu di antara empat bulan yang dinamakan bulan haram. Lihatlah firman Allah Ta’ala yang artinya Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan suci. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu.” (QS. At Taubah [9] : 36) empat bulan suci : (1) Dzulqo’dah; (2) Dzulhijjah; (3) Muharram; (4) Rojab
Anggapan Masyarakat Mengenai Bulan Suro
Bulan suro adalah bulan penuh musibah, penuh bencana, penuh kesialan, bulan keramat dan sangat sakral. Itulah berbagai tanggapan masyarakat mengenai bulan Suro atau bulan Muharram. Sehingga kita akan melihat berbagai ritual untuk menghindari kesialan, bencana, musibah dilakukan oleh mereka. sikap ini tidaklah keluar dari dua hal yaitu mencela waktu dan beranggapan sial dengan waktu.
Dan ini dilarang dalam agama islam
(Visited 4 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *