sebaik baiknya manusia

Terdapat 11 golongan “Sebaik-baik manusia” menurut hadits shahih.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :”Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al Qur’an dan mengajarkannya”. (HR Bukhari 5027)

Rasulullah shallallahu alahui wa sallam bersabda: “Sebaik-baik kalian adalah orang yang paling baik akhlaknya”. (HR Bukhari 6035)

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda : “Sebaik-baik kalian adalah orang yang paling baik dalam membayar (mengembalikan hutang)” (HR Bukhari 2305)

Rasulullahu shallallahu alahi wa sallam bersabda: “Sebaik-baik kalian adalah orang yang paling baik boleh diharapkan kebaikannya dan aman dari keburukannya”. (HR Tirmidzi 2263)

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Sebaik-baik kalian adalah orang yang paling baik terhadap ahli keluarganya”. (HR Ibnu Hibban 4177)

Rasulullahu shallallahu alaihi wa sallam bersabda : “Sebaik-baik kalian adalah orang yang memberi makan (kepada orang lain) dan menjwab salam”. (Shahih Al Jami 3318)

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallah bersabda: “Sebaik-baik kalian adalah orang yang paling baik dalam meluaskan tempat (bagi orang masuk dalam saf) dalam solat.” (Targhib w Tarhib 1234)

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda : “Sebaik-baik manusia adalah orang yang panjang umurnya dan baik amal perbuatannya.” (shahih al JAmi’ 3297)

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda : “Sebaik-baik sahabat di sisi Allah adalah orang yang paling baik terhadap sehabatnya. Sebaik-baik tetangga di sisi Allah adalah orang yang paling baik terhadap tetangganya”. (Shahih Adabul Mufrod 84)

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda : “Sebaik-baik manusia adalah orang yang memiliki hati yang makhmum dan lisan yang jujur”.

Para sahabat bertanya : Lisan yang jujur kami faham, maka apa yang dimaksud dengan hati yang makhmum?

Rasulullah bersabda : ” Orang yang memiliki hati bersih dan bertaqwa, tidak ada dosa, tidak berbuat zalim, serta tidak ada kebencian dan hasad.” (Shahih al Jami’ 3201)

Semoga Allah Ta’ala menjadikan kita semua sebagai manusia yang terbaik.

Allahumma Aamiiin.

(Visited 14 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *